T-Shirt Leicester Tampilkan Islam Positif

Posted by Wahdah Islamiyah Kolaka Sabtu, 10 November 2012 12.00
LEICESTER – Melawan citra negatif tentang Islam, seorang mahasiswa lulusan sebuah universitas kota Leicester, telah sukses menyebarkan pesan-pesan positif tentang keyakinannya terhadap Islam ke seluruh dunia.

“Banyak orang yang salah paham tentang Islam” kata Umair Khan pada Kantor Pers Universitas Leicester, Jumat 9 November lalu. Umair adalah mahasiswa lulusan fakultas farmasi.

Pemberitaan sangat sering menampilkan kisah negatif tentang Muslim - yang tidak mencerminkan gambaran sesungguhnya dari komunitas Muslim pada umumnya.

“Ini adalah jalan untuk mengatasi hal tersebut,” tambahnya.

Umair memulai bisnis yang berbasis di Leicester, dengan brand Desain Molvi, untuk melawan citra negatif tentang agama dan menantang stereotip tentang Muslim di seluruh dunia.

Slogan T-shirt termasuk " Terrorism Hijacked My Religion (Terorisme Membajak Agamaku)", "I’m a Tourist, Not a Terrorist (Saya seorang turis, Bukan Teroris)", dan "Save Your Neighborhood - Say No to Rioting (Selamatkan Lingkungan Anda – Katakan tidak pada Kerusuhan)".

T-shirt lainnya "Islam: 0% April" mengacu pada ideologi bebas bunga dari perbankan syariah, “Keep Calm and Avoid Haraam”("Tetap Tenang dan Hindari Haraam") dan “Islam: Over 1.5 billion people like this” ("Islam: Disukai lebih dari 1,5 miliar orang ") mengacu pada jumlah "Like" pada Facebook .

"T-shirt membantu kami melakukan penyampaian kepada orang-orang," kata Umair.

"Kami mendapatkan pesan dari pelanggan kami yang memberitahu kami tentang percakapan mereka dengan orang-orang yang telah melihat t-shirt Desain Molvi mereka. Seorang non-Muslim meminta mereka menjelaskan tentang apa arti pesan di baju mereka, dan mereka memiliki kesempatan untuk menjelaskan pesan tersebut."

Nama Molvi mengacu pada instruktur dan guru agama di banyak negara Muslim.

Proyek ini dimulai dengan subsidi dari Enterprise Inc project, yang didanai oleh European Regional Development Fund.

Proyek ini mengutamakan siswa atau lulusan baru yang ingin memulai bisnis di Timur Midlands dengan dana sampai £ 2.500 dan pelatihan start-up bisnis serta dukungan lainnya.

Sejak itu, perusahaan telah mendapatkan lebih dari 190.000 suka di Facebook dan lebih dari 125.000 pengunjung unik ke situs web hanya dalam waktu satu tahun.

Pelanggan telah memesan dari Pakistan, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Australia, Kanada dan di tempat lain di Eropa.

Model Positif

Profesor di universitas Leicester memuji proyek tersebut untuk menghadapi kejahatan rasial meningkatnya Islamophobia terhadap Muslim.

"Desain Molvi adalah cara yang sangat inovatif untuk mengatasi Islamophobia, dan merupakan sarana yang sangat efektif membendung kesalahpahaman orang tentang Islam, sementara pada saat yang sama, meningkatkan kesadaran tentang masalah Islamofobia di Barat," kata Irene Zempi, tutor di University of Leicester Departemen Kriminologi.

"Hal ini menyejukkan dan menggembirakan melihat siswa mengatasi prasangka anti-Muslim dengan sedemikian cara yang cerdas.

"Ide ini adalah inspirasi dan mudah-mudahan itu akan berkontribusi dalam menghilangkan mitos seputar Islam dan Muslim," tambahnya.

Sebelumnya pada Mei 2012, Zempi memperingatkan permusuhan meningkat terhadap perempuan Muslim di Inggris, mengacu pada kaitan langsung antara pelarangan jilbab di Perancis dan peningkatan kadar diskriminasi anti-Muslim.

Peneliti Leicester dari Departemen Kriminologi menambahkan bahwa larangan jilbab memberi stigma perempuan Muslim berhijab sebagai 'penjahat' dan mendorong 'pengucilan' terhadap Muslim.

Meskipun Umair berencana untuk mengejar karir di bidang kedokteran setelah menyelesaikan gelarnya, dia ingin meneruskan Desain Molvi dalam waktunya sendiri.

Dia juga berencana kedepannya untuk memperbanyak jumlah produk, seperti penutup ponsel dan aksesoris.

"Anggota lain dari tim telah melihat orang-orang di jalan mengenakan Desain Molvi t-shirt," katanya.

"Ini belum terjadi pada saya, tapi saya harap itu terjadi - itu akan menjadi cara yang baik untuk mendekati dan berbicara dengan mereka."

Inggris adalah rumah bagi minoritas Muslim yang cukup besar, diperkirakan hampir 2,0 juta.

Sumber : Onislam.com

0 Response to "T-Shirt Leicester Tampilkan Islam Positif "

Poskan Komentar