Jelang Ramadhan, DPD Kolaka Gelar Tabligh Akbar

Posted by Wahdah Islamiyah Kolaka Senin, 02 Juli 2012 16.00
Menjelang bulan suci Ramadhan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Wahdah Islamiyah Kolaka menggelar Tabligh Akbar bertema ‘Meraup Berkah di Bulan Penuh Berkah’, dengan pemateri Anggota Ikatan Ulama Muslim Internasional (Muslim Scholars Association), Ustadz Harman Tajang,LC di masjid Taqwa, kelurahan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Ahad (1/7).

Ustadz Harman Tajang dalam tausiyahnya mengharapkan kepada kaum Muslimin sebelum memasuki bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, supaya segera meminta maaf kepada orang yang pernah didzaliminya, sebab di akhirat nanti ada orang yang datang dengan membawa amalan shalat, zakat, sedekah dan haji, tiba-tiba datang orang yang pernah didzaliminya minta keadilan. Maka orang yang didzaliminya akan dibayar dengan amalan yang mendzalimi. Jika amalnya sudah habis, maka dosa orang yang didzalimi akan diambil yang mendzalimi.

“Begitupun harta umum dan khusus yang didzalimi akan diminta pertanggung jawabannya. Bayangkan kalau harta umum di korupsi dan seluruh masyarakat Indonesia minta keadilan, bagaimana nasib orang tersebut,” katanya.

Ustadz Harman mengungkapkan, kecuali amalan puasa tidak diambil darinya, sebab ibadah puasa di syariatkan agar kaum Muslimin benar-benar menjadi hamba Allah. Begitupun amalan yang sangat dicintai Allah adalah puasa dan tidak ada batasan pahalanya karena puasa merupakan amalan rahasia antara hamba dan Allah. Allah berfirman puasa untuk-KU dan AKU akan membalas dan memberikan pahala.

“Bergembira dengan datangnya Ramadhan itu karena adanya petunjuk Allah, sebab banyak orang yang sedih ketika Ramadhan tiba karena tidak bisa lagi makan siang dan sebagainya,” katanya.

Diungkapkannya, ketika Nabi Adam As menerima amanah, ada 3 hal amanah antara manusia dan Allah yakni Shalat, Puasa yang merupakan amalan rahasia dan Mandi Junub. Karena itu sepatutnya ketika menjalankan puasa meluruskan niat hanya karena Allah, sebab banyak yang berpuasa dengan niat untuk menurunkan berat badan.

Sementara itu, Ketua Badan Rukiyat DPP Wahdah Islamiyah, Ustadz Syaiful Ansar,LC, selaku pembicara pertama menyatakan, keutamaan bulan Ramadhan begitu banyak. Paling utama di bulan ramadhan perbanyak membaca Al Qur’an karena Al Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan. Imam Syafi’i pada bulan Ramadhan menamatkan Al Qur’an sebanyak 60 kali di luar shalat.“Berdasarkan penelitian bacaan Al Qur’an dapat memperbaiki syaraf. Bahkan hukum Alquran adalah hukum yang tepat sesuai zaman,” katanya.

Tak lupa lulusan Universitas Madinah ini mengingatkan ketika bulan Ramadhan untuk memperbanyak doa, sebab doa begitu erat kaitannya dengan Ramadhan dan Allah tidak menyukai hamban-Nya yang sombong dengan tidak berdoa, apalagi doa merupakan senjata orang mukmin, serta memperbanyak sabar, tawakal dan banyak bersedekah. (Media Sultra)

0 Response to "Jelang Ramadhan, DPD Kolaka Gelar Tabligh Akbar"

Poskan Komentar