DPC Kolaka Gelar Pelatihan Dirosa Aula Kemenag Kolaka

Posted by Wahdah Islamiyah Kolaka Selasa, 18 Oktober 2011 19.06
Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Al Qur’an (LP3Q) DPC Wahdah Islamiyah Kolaka gelar Pelatihan Dirosa  (Dirasah Orang Dewasa) pada hari Senin, 17 Oktober 2011. Kegiatan ini dilaksanakan pada dua tempat yang berbeda. Untuk pria (ikhwan) ditempatkan di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kolaka yang pematerinya adalah Ustadz Komari, S.Pd. Sedangkan untuk wanita (akhwat) materi disampaikan oleh Ustadzah Dra. Sunarsih dan bertempat di Kantor Lembaga Muslimah DPC Wahdah Islamiyah Kolaka. Secara terpisah kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kolaka yang diwakili oleh Kepala Seksi Mapenda dan Ketua Lembaga Muslimah DPC Wahdah Islamiyah Kolaka.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta ikhwan dan akhwat. Peserta hadir juga berasal dari berbagai latar belakang profesi yang ada kaitannya dengan kegiatan tersebut misalnya penyuluh agama, guru-guru agama tingkat SMP s/d SMA, guru TPA/TPQ, serta utusan instansi pemerintah.

Di dalam sambutannya, Drs. Muhiddin. T selaku Kepala Seksi Mapenda menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. Karena kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah dalam memberantas buta baca Al Qur’an. Program dirosa merupakan salah satu metode pembelajaran Al Qur’an untuk orang dewasa. Metode ini dapat mempercepat kemampuan santri untuk membaca Al Qur’an dengan sistem klasikal sebanyak 20 kali pertemuan. Sehingga pada praktisnya, peserta pelatihan yang terdiri dari penyuluh agama, guru agama, pembina agama di instansi, dan guru TPA/TPQ dapat menggunakan metode dirosa ini. Banyak hal yang disampaikan oleh Kepala Seksi Mapenda dalam sambutannya termasuk memberikan saran kepada ormas-ormas Islam khususnya Wahdah Islamiyah Kolaka agar memberikan perhatian terhadap akhlaq umat serta membantu pemerintah mendata umat islam yang masih buta baca Al Qur’an.

Pemateri yang juga merupakan Ketua LP3Q DPP Wahdah Islamiyah, dalam muqoddimahnya menggambarkan tentang kondisi umat islam saat ini yang jauh dari Al Qur’an serta akibat-akibatyang terjadi ketika umat manusia acuh terhadap Al Qur’an. Selain itu, beliau juga menyampaikan keutamaan mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an. Ustadz Komari, S.Pd membawakan materi dirosa dengan menerapkan sistem Training Of Trainer (TOT). Dan hal ini, ternyata sangat membantu peserta dalam memahami metode pengajaran dirosa.

Materi pelatihan dirosa sempat dihentikan sementara untuk istirahat. Para peserta, panitia, dan pemateri memanfaatkan waktu itu untuk shalat berjamaah di Masjid Al Ikhlas Kementerian Agama Kab. Kolaka. Dilanjutkan dengan makan siang, barulah setelah itu materi dirosa dilanjutkan. Sebelum kegiatan ini ditutup, moderator membuka sesi tanya jawab dan para peserta pun memanfaatkan untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas/belum dipahami. (Infokom WIKlk)

0 Response to "DPC Kolaka Gelar Pelatihan Dirosa Aula Kemenag Kolaka"

Poskan Komentar