Profil Wahdah Islamiyah Kolaka

Posted by Wahdah Islamiyah Kolaka Senin, 10 Desember 2001 10.00
P R O F I L 
WAHDAH ISLAMIYAH KOLAKA 

MUKADDIMAH 

Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga tercurah pada Baginda Nabil shalallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, sahabat dan pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Amma Ba’du. 
Wahdah Islamiyah merupakan sebuah Organisasi Massa (Ormas) Ahlussunnah Wal Jama’ah yang berpusat di Makassar. Awalnya pada 18 Juni 1988, Wahdah Islamiyah merupakan sebuah Yayasan Fathul Muin (YFM) yang diambil dari nama pendirinya. Kemudian berubah menjadi Yayasan Wahdah Islamiyah untuk menghindari kultus individu pada 19 Februari 1998. Dalam rangka menaungi individu pada 19 Februari 1998. Dalam rangka menaungi lembaga-lembaga pendidikan secara khusus, maka YWI menambah sebuah kata dalam identitasnya menjadi Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah (YPWI) beerdasarkan Akte Notaris Sulprian, SH No. 055 tanggal 25 Mei 2000. 
Semakin hari da’wah Wahdah Islamiyah semakin pesat dibanyak daerah, maka diputuskan dalam Musyawarah YPWI ke-2, Makassar, tanggal 1 Shafar 1422 (bertepatan dengan 14 April 2002) disepakati mendirikan organisasi massa (ormas) dengan nama yang sama, yaitu Wahdah Islamiyah (WI). Sejak itu pula YPWI yang merupakan cikal bakal Ormas Wahdah Islamiyah disederhanakan fungsinya sebagai lembaga yang mengelolah pendidikan formal. 
Dalam rentang usianya yang cukup muda, kini WI telah mempunyai 35 cabang dan 43 daerah binaan termasuk di Kolaka. Bidang garapan yang dikelolapun cukup beragam, diantaranya da’wah, kaderisasi, pendidikan, social, kewanitaan, informasi, kesehatan, Lazis dan lingkungan hidup. Selain bidang program yang kompleks, Wahdah Islamiyah juga selalu mengadakan program-program lintas wilayah dan bahkan Negara. 
Diantara program-program itu adalah pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Tsunami Aceh, Gempa Yogyakarta dan Pangandaran serta yang terbaru adalah menangani bantuan untuk musibah gempa Jabar dan Sumbar. Dalam hal ini Wahdah Islamiyah pernah mendapat penghargaan dari DR. Ahmed Bahar (Pejabat Sementara Ketua Parlemen Palestina) pada Jum’at, 13 Maret 2009 bertempat di Asean Room Hotel Sultan Jakarta dikarenakan jasa-jasanya dalam memberikan bantuan ke Palestina. 
Wahdah Islamiyah juga banyak menjalin kerjsama dan silaturahmi dengan berbagai tokoh dan lembaga, baik tingkat local maupun nasional bahkan internasional. Tokoh lokal dimakassar diantaranya yang kerap bekerjasama berasal dari berbagai instansi pemerintah, kepolisian, kalangan akademisi dan sebagainya. Hamper setiap bulan Wahdah Islamiyah selalu kedatangan tamu khususnya dari timur tengah. 
Dalam rangka mengembangkan wilayah da’wahnya serta turut ta’awun (kerjasama) dan tanashuh (saling menasehati) dengan lembaga da’wah lain, kini Wahdah Islamiyah mulai merambah Kolaka. Atas bantuan dan kerjasama dengan berbagai pihak telah banyak program yang sudah dijalankan dan cukup membuat hidup da’wah di Kolaka. 

MANHAJ WAHDAH ISLAMIYAH 

Wahdah Islamiyah adalah sebuah Organisasi Massa (Ormas) islam yang berlandaskan pemahaman dan amaliahnya pada Al Qur’an dan As Sunnah sesuai pemahaman As Salaf Ash-Shalih (Manhaj Ahlussunnah Wal Jamaah). Organisasi ini bergerak di bidang da’wah, pendidikan, sosial, kewanitaan, informasi, kesehatan dan lingkungan hidup. 

VISI 

Menjadi ormas islam yang eksis di kolaka dan sulawesi tenggara pada tahun 1436 H / 2015 M 

MISI 
  1. Menegakkan syiar islam dan menyebarkan pemahaman islam yang benar. 
  2. Membangun persatuan umat dan ukhuwah islamiyah yang dilandasi semangat ta’awun (kerjasama) dan tanashuh (saling menasehati). 
  3. Mewujudkan institusi/lembaga pendidikan dan ekonomi yang islami dan berkualitas. 
  4. Membentuk generasi islam yang robbani dan menjadi pelopor dalam berbagai bidang kehidupan. 

LEGALITAS FORMAL WAHDAH ISLAMIYAH 
  1. Surat Keterangan Terdaftar dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Departemen Dalam Negeri, di Jakarta No. 57/D.III.2/VI/2008. 
  2. Surat Keterangan Terdaftar pada Badan Kesatuan Bangsa Provinsi Sulawesi Selatan, No. 220/465-I/BKB-SS. 
  3. Legalitas formal dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/Kabupaten lainnya yang terdapat Cabang Wahdah Islamiyah. 

TESTIMONI TOKOH 
  1. Sambutan HM. Jusuf Kalla (saat menjadi Wapres) pada pembukaan Muktamar I Wahdah Islamiyah, Masjid Al Markaz Al Islami Makassar 7 Juli 2007 : “Kita semua tentu berterima kasih atas peran, amal ibadah, amal jariah yang telah dilaksanakan, diamalkan oleh seluruh warga Wahdah Islamiyah selama ini, baik berupa kegiatan-kegiatan da’wah secara umum, kegiatan pendidikan, kegiatan studi lingkungan dan kesehatan, karena semua itu akan memberikan kenikmatan untuk seluruh umat.” 
  2. DR. HM. HIdayat Nur Wahid, MA (saat beliau menjadi Ketua MPR RI) pada kunjungan ke Ma’had ‘Aly Al Wahdah (STIBA) Manggala Antang Makassar 27 Oktober 2007 : “Keberkahan semoga selalu menyertai usaha mulia antum semua. Dengan keistiqomahan insya Allah amal shalih ini makin berkembang menjadi sejarah thayyibah itu.” 
  3. Prof. KH. Ali Yafie (Mantan Ketua MUI). Dalam acara silaturahmi beliau dengan pengurus Wahdah Islamiyah dan pengelola STIBA 2006. “… Wahdah Islamiyah insya Allah semoga seperti namanya Wahdah Islamiyah yang berarti persatuan islam.” 
  4. Dr. Ali Muhammad Ad-Dakhilullah (Mantan Direktur LIPIA di Jakarta). “… Wahdah Islamiyah yang berpusat di kota Makassar Sul-Sel adalah salah satu lembaga islam yang bergerak dibidang pendidikan, da’wah dan bantuan sosial (kemanusiaan) dan lembaga yang menghimpun usaha-usaha yang berberkah dalam bidang ini, dan ia (Wahdah Islamiyah) juga merupakan salah satu lembaga islam terbaik di Indonesia…….” 
  5. Dr. Syarifuddin Jurdi (Penulis/Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta) : “Sikap untuk netral terhadap kehidupan politik praktis yang ditempuh Wahdah saat ini sudah amat tepat dan cerdas, mengingat politik praktis dengan berbagai variannya sangat berpotensi mencemarkan siapapun yang terlibat didalamnya…” 

STRUKTUR DPC WAHDAH ISLAMIYAH KOLAKA 

Penasehat : - Ir. Agus Salim 
                  - Dr. Azhari, S.Stp 
                  - H. Rudi Zainuddin, SH 

Ketua : Pahruddin, S.Pdi 
Sekretaris : Muslim Jaya 
Bendahara : Muhammad Rizal 

Kepala Departemen : 
1. Departemen Da’wah : Muhammad Abdul Basith, S.Pd 
2. Departemen Kaderisasi : Ansar, S.Pt 
3. Departemen Infokom : Shodikin 
4. Departemen Sosial dan Kesehatan : Syamsuddin, S.Pd 
5. Departemen Pengembangan Usaha : Purwanto, S.Pd 
6. Ketua Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah : Maskab Mutu, S.Pd 
7. Ketua LAZIS : Abdul Wahab
8. Ketua LP3Q : H. Jamal Malang
9. Ketua LP2KS : Muhammad Rizal

PROGRAM KERJA WAHDAH ISLAMIYAH 

Beberapa program kerja utama DPC Wahdah Islamiyah Kolaka sebagai berikut : 
  1. Manajemen Da’i dan Khotib/Penceramah Kebutuhan da’wah di masyarakat semakin hari semakin meningkat, sehingga butuh sebuah pengelolaan da’wah yang professional. Layanan da’i dan khotib/penceramah diberikan guna memenuhi kebutuhan itu. Bentuk program ini terutama dalam bentuk da’wah umum yang bervariasi seperti Kajian Umum, Tabligh Akbar, Seminar, Khotib Jum’at, Kultum Ramadhan, Konsultasi syari’ah dan sebagainya. Program bersifat rutin dan incidental, baik itu permintaan dari masyarakat ataupun penawaran dari lembaga itu sendiri. 
  2. Program Pembinaan Intensif Merupakan sebuah layanan bimbingan keislaman bagi sekelompok masyarakat dalam bentuk micro teaching, dimana setiap peserta dibimbing sesuai dengan kemampuannya untuk diarahkan menjadi seorang muslim yang bertanggung jawab terhadap keislamannya. Materi yang disusun dirancang untuk jangka waktu minimal 1 tahun dengan pertemuan rata-rata seminggu sekali. Peserta juga dibimbing untuk menghafal al qur’an dan hadits-hadits pilihan sebagai bekal amal dan da’wahnya ke masyarakat. Selain itu secara berkala peserta akan mendapatkan beberapa training yang mendukung materi-materi utama mingguan. 

SEKRETARIAT 

Masjid Riyadhush Sholihin, Jl. Ahmad Mustin Kel. Laloeha Kab. Kolaka Prov. Sulawesi Tenggara 

INFORMASI PROGRAM 
  1. Hp. 085241832326 (Pendidikan) 
  2. Hp. 085241552921 (Da’wah) 
  3. Hp. 081233480787 (Kaderisasi) 
  4. Hp. 085298427457 (Informasi dan Komunikasi) 
  5. Hp. 085241891921 (Sosial dan Kemanusiaan) 
  6. Hp. 081341552641 (Lazis, Pengembangan dan Usaha) 

PROFIL LEMBAGA MUSLIMAH WAHDAH ISLAMIYAH KOLAKA

VISI 

Lembaga Muslimah Wahdah Islamiyah sebagai ormas islam yang eksis di Kab. Kolaka pada tahun 1436/2015 

MISI 
  1. Menegakkan syiar islam dan menyebarkan pemahaman islam yang benar. 
  2. Membangun persatuan ummat dan ukhuwah islamiyah yang dilandasi semangat ta’awun (kerjasama) dan tanasuh (saling menasehati). 
  3. Mewujudkan institusi/lembaga pendidikan dan ekonomi yang islami dan berkualitas. 
  4. Membentuk generasi islam yang rabbani dan menjadi pelopor dalam berbagai bidang kehidupan. 
  5. Menegakkan amar ma’ruf nahi munkar dengan landasan kasih sayang. 

PROGRAM KERJA SECARA UMUM
  1. Melaksanakan kegiatan da’wah umum melalui kajian dan seminar umum. 
  2. Mengadakan pembinaan islam di masyarakat umum dan lingkungan pendidikan formal melalui ta’lim intensif. 
  3. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. 
  4. Mengadakan kegiatan sosial dan pengembangan ekonomi muslimah. 
  5. Mengumpulkan dan menyalurkan infaq, shadaqah, zakat fitrah, zakat harta dan pundi amal untuk program keummatan.
  6. Mengarahkan pembinaan rumah tangga islami bagi binaan dan kaum muslimin.

0 Response to "Profil Wahdah Islamiyah Kolaka"

Poskan Komentar